Pentingnya Stabilitas Websiteuntuk Marketing

Meski sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga agar website tetap stabil dan berjalan dalam kondisi terbaiknya. Akan tetapi terkadang ada saja penyebab yang memicu ketidakstabilan website. Sehingga mengakibatkan website tersebut tidak bisa diakses, seperti salah satunya karena kegagalan sistem atau biasa disebut dengan server down.

Khusus untuk website bisnis yang berorientasi pada komersial, tentu website yang tidak stabil dan tidak bisa diakses dapat membawa dampak buruk bagi kinerja bisnis secara finansial dan reputasi. Apa saja kerugian yang bisa menimpa perusahaan jika websitenya tidak stabil? 

Kerugian website bisnis yang tidak stabil

Berikut beberapa potensi kerugian yang bisa Anda rasakan jika website bisnis Anda tidak stabil dan sering down.

Berpotensi kehilangan pelanggan

Ketika website Anda down, maka website Anda tidak bisa diakses oleh para calon konsumen Anda. Mereka akan berpikir mengapa tidak bisa mengakses website sementara internet berjalan dengan baik, mencoba digunakan untuk membuka website lain pun tidak ada kendala. Tetapi mengapa ketika mengakses website Anda selalu muncul pesan error yang berarti website tidak bisa diakses. Hal ini tentu akan membuat mereka frustasi. Sehingga calon konsumen pun kehilangan minat untuk mempelajari bisnis Anda lebih dalam dan melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

Kalah dalam persaingan pasar

Ketika website Anda yang Anda bangun untuk tujuan memberi informasi lengkap tentang layanan hingga menjadi tempat transaksi namun pada akhirnya tidak bisa diakses. Maka ini tidak hanya sebatas akan membuat Anda kehilangan momentum mendapatkan pelanggan saat itu juga. Kenyataan pahitnya, mereka mungkin akan mencari website milik perusahaan lain yang menyediakan produk serupa untuk memenuhi kebutuhannya. 

Menurunkan citra/ kesan masyarakat terhadap perusahaan

Lebih buruknya lagi, website yang tidak stabil juga bisa membuat pengunjung merasa bahwa bisnis Anda tidak serius mengelola website Anda yang merepresentasikan merek Anda sendiri. Hal ini pun berpotensi menyibukkan tim cs Anda menerima terlalu banyak keluhan dari para pelanggan melalui telepon maupun email karenanya. Meski tidak secara drastis, tetapi hal ini cukup berpengaruh terhadap citra positif perusahaan yang telah tercipta.

Peringkat website di mesin pencari terganggu

Apakah website yang sering down dengan website dengan uptime rate 95% sama-sama terlihat baik dimata mesin pencari? Tentu tidak! Peringkat website di SERP kedua website tentu akan jauh berbeda karena mesin pencari seperti Google memiliki komitmen untuk menampilkan hasil pencarian terbaik dan paling relevan bagi pengguna. Demikian ini menjadikan Google sering menghindari website-website yang down untuk muncul di halaman hasil pencariannya. Mungkin peringkat website Anda tidak langsung turun begitu saja ketika website Anda down hanya dalam satu hari. Namun, jika website Anda tidak stabil secara terus menerus dan downtime berlangsung lama, tentu wajar jika peringkat website Anda akan turun.

Lalu, bagaimana cara untuk menjaga stabilitas website?

Website yang bagus tentu harus tetap stabil dan memiliki uptime rate ideal yakni 100% atau tidak pernah mengalami down sama sekali. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa angka tersebut sulit dicapai para pemilik website karena ada banyak faktor yang dapat menyebabkan downtime. Tetapi, demikian ini juga bukan berarti Anda tidak bisa mengusahakan sesuatu agar website Anda terus stabil sepanjang waktu.


Adapun salah satu cara efektif untuk membantu Anda mewujudkan website yang tetap stabil sepanjang waktu. Serta dapat mencapai uptime rate yang semaksimal mungkin adalah dengan meningkatkan sumber daya situs Anda dengan meningkatkan ke server VPS.

VPS atau Virtual Private Server adalah jenis layanan server website yang memungkinkan untuk menggunakan kapasitas RAM, hardisk, atau data apapun dengan pengguna lain seperti halnya shared hosting server. VPS ini memakai teknologi yang berbeda dengan jenis layanan server lainnya. Yaitu adanya teknologi virtualisasi yang membagi hardware server fisik ke dalam beberapa server virtual. 
Meskipun akan ada website lain yang dihosting server fisik yang sama dengan milik Anda. Akan tetapi ada kompartemen virtual yang dialokasikan khusus untuk website Anda. Dan itu berarti Anda benar-benar mendapatkan server pribadi, dengan sistem operasi Anda sendiri, penyimpanan khusus, CPU yang kuat, dan keuntungan lainnya.

Dengan keuntungan tersebut, tentu akan berdampak pada performa website Anda. Selain sebagai penyimpanan file hosting itu sendiri, VPS juga lebih mampu menampung trafik super tinggi sehingga website Anda tetap stabil dalam situasi yang padat pengunjung sekalipun.

Bersama Giatmedia, wujudkan stabilitas website untuk marketing yang lebih optimal

Setelah mengetahui kerugian yang bisa menimpa bisnis Anda jika website Anda sering down, tentu sekarang Anda sudah paham bukan pentingnya menjaga stabilitas website ini? Jangan sampai website Anda yang telah tumbuh dan mulai menarik perhatian dari para pengguna menjadi sia-sia-tidak mendatangkan hasil karena tidak dapat diakses.

Kabar baiknya, jika Anda membuat website di Giatmedia Anda bisa memiliki website dengan pondasi UI/UX handal dan infrastruktur hosting VPS melalui Giatmedia Cloud. Sehingga selain unggul dalam hal tampilan, website Anda pun dapat berjalan dengan performa penuh untuk memaksimalkan kehadiran online bisnis Anda di internet-terjamin kestabilannya sepanjang waktu. Jangan ragu untuk segera bermitra dengan Giatmedia, hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *