Kenapa Sekolah Harus Punya Website?

Di era digital saat ini memastikan kehadiran online dengan memiliki website sudah menjadi hal yang lumrah bahkan telah menjadi kebutuhan pokok untuk dipenuhi. Hal ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan/ pelaku bisnis, instansi pemerintahan, publik figur, atau organisasi. Namun juga bagi instansi pendidikan, baik itu sekolah negeri maupun swasta. Website bagi sekolah telah dianggap menjadi salah satu bentuk inovasi dan kolaborasi dalam kemajuan pendidikan Indonesia. Nah, dalam artikel kali ini kami akan menyebutkan satu persatu peran penting dan manfaat sekaligus alasan mengapa Anda wajib memiliki website sekolah Anda sendiri.

Website merupakan alat pemasaran jitu

Sekolah tentunya ingin memiliki banyak peserta didik sehingga sekolah biasanya melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian para orangtua yang sedang mencari institusi pendidikan bagi putra-putri mereka. 

Oleh karena itu, sekolah pun perlu melakukan strategi pemasaran layaknya perusahaan yang mengiklankan dan menawarkan produk/ layanannya. Di era internet, website sekolah adalah alat pemasaran yang tepat untuk kebutuhan tersebut. 

Dengan website ini, sekolah bisa melakukan kegiatan promosi 24/7 dengan jangkauan yang lebih luas. Sebab Anda bisa menampilkan berbagai informasi tentang profil sekolah, seperti sejarah, visi misi, kurikulum pendidikan, fasilitas sekolah, informasi pendaftaran, dsb. Adapun informasi yang tercantum pada website ini dapat diakses dimanapun kapanpun selama memiliki gadget dan tersambung koneksi internet.

Sarana publikasi yang efektif

Selain untuk menampilkan informasi profil sekolah, website juga dapat Anda gunakan sebagai sarana publikasi sekolah. Informasi yang dapat Anda publikasikan bisa berupa dokumentasi acara sekolah, hasil karya maupun pencapaian/ penghargaan dari lomba yang diikuti peserta didik. Serta segala macam berita tentang sekolah yang perlu Anda bagikan ke publik. 

Cara ini bisa dilakukan untuk menunjukkan bahwa sekolah terus aktif dan kreatif sehingga kredibilitas sekolah di mata publik pun dapat meningkat.

Meningkatkan citra/ image sekolah

Website secara tidak langsung juga dapat membangun citra positif sekolah di mata khalayak umum. Sebab sekolah Anda akan dianggap sigap terhadap perkembangan teknologi internet. 

Apalagi jika website yang Anda hadirkan memiliki fitur, tampilan, secara keseluruhan tampak mumpuni, mengesankan dan profesional. Maka sudah pasti sekolah Anda mendapatkan nilai plus tersendiri. Karena kesannya sekolah Anda bersungguh-sungguh dalam menghadirkan layanan informasi terbaik kepada publik.

Meningkatkan pengalaman pembelajaran

Hadir secara fisik di ruang kelas saat ini bukanlah satu-satunya pilihan pembelajaran lagi. Kini, pendidikan berkualitas juga dapat melalui Learning Management System dengan pembelajaran online (E-learning). Dan sistem e-learning sendiri sebagian besar berbasis website.

Website sekolah interaktif yang memiliki fitur E-learning dapat meningkatkan pengalaman belajar. Segala macam materi, kuis, ujian, dll dapat Anda unggah ke sistem dan peserta didik dapat mengaksesnya dari mana saja. Adapun berbagai bentuk penyajian materi dapat ditambahkan ke situs web. Termasuk file dokumen, video, gambar/ grafis, presentasi, form, dan masih banyak lagi.

Membangun komunitas pendidikan

Website sekolah dapat dilengkapi berbagai fitur canggih lainnya. Anda bisa menjadikan website sekolah sebagai wadah yang memungkinkan penggunanya dapat berbagi informasi, diskusi, maupun melakukan tanya-jawab tentang berbagai topik. Ini bisa menjadi forum komunitas yang berkembang dimana semua orang mulai dari staff, guru, peserta didik, hingga orang tua dapat berkumpul dan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.

Mengeratkan hubungan sekolah dengan wali murid

Komunikasi adalah kunci untuk semua hubungan yang sukses. Tentunya hal yang sama berlaku untuk sekolah. Pihak sekolah dengan orang tua/ wali peserta didik perlu berkomunikasi untuk membangun kemitraan. Banyak penelitian dan studi pun menyatakan bahwa kemitraan orang tua dengan sekolah memiliki dampak positif dari dalam mendukung keberhasilan peserta didik. Dan website sekolah memungkinkan untuk mewujudkan ini dengan lebih mudah.

Website dapat digunakan oleh orang tua untuk melihat perkembangan anaknya dengan melihat informasi kelas, nilai, tugas, kehadiran, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang diunggah oleh guru/ staf. Selain itu, pesan antara guru dan orang tua dapat tersampaikan melalui website sehingga mereka dapat berkomunikasi tanpa pertemuan pribadi di sekolah.

Sarana menerima umpan balik

Umpan balik adalah cara yang bagus untuk mengetahui tentang efektivitas layanan, aturan, atau peraturan baru. Dan jika Anda ingin meningkatkan kualitas layanan sekolah Anda, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah mendengarkan masukan dari peserta didik dan orang tua mereka.

Anda bisa menyediakan fitur kritik dan saran pada website yang bisa diakses oleh orang tua dan peserta didik. Melalui fitur tersebut mereka dapat memberi nasihat dan saran yang berharga tentang bidang-bidang yang mungkin kurang dimiliki sekolah Anda.

Meningkatkan budaya literasi digital

Segala informasi sekolah yang di publish lewat website secara otomatis dapat menarik minat semua kalangan yang menjadi rekanan sekolah mengunjungi media tersebut. Dengan demikian, budaya literasi digital pun akan semakin meningkat.

Literasi digital sendiri merupakan wawasan seseorang dalam aspek pemanfaatan teknologi digital. Ini mencakup kemampuan seseorang dalam membuat sekaligus mengevaluasi informasi dengan sehat, cermat serta patuh kepada hukum dalam kehidupan. Atau secara praktisnya berarti “melek teknologi internet”, atau “tidak gaptek”.

Pengarsipan digital yang lebih mudah dan menghemat tempat

Pengarsipan dokumen sekolah yang dulu dilakukan secara manual dengan cara menyimpan bentuk fisik di lemari arsip tentunya semakin hari semakin banyak memakan tempat. Sekarang terdapat alternatif pengarsipan yang lebih praktis dan menghemat tempat. Yakni dengan cara memanfaatkan teknologi website untuk menyimpan, mengolah, mengakses serta menyebarkan arsip sesuai kebutuhan.

Menghemat biaya dan waktu

Dengan website sekolah, Anda dapat menyelesaikan berbagai hal secara online lebih cepat dan juga menghemat biaya. Sebagai contoh, administrasi sekolah dapat menghemat biaya untuk pencetakan, fotokopi, dan pengiriman surat fisik kepada orang tua. Karena informasi dapat Anda sampaikan melalui website. Selain itu, Anda juga dapat menemukan laporan peserta didik dengan mudah hanya dalam satu klik karena sudah tersimpan ke dalam basis data website.

Kesimpulan

Seperti yang Anda ketahui sekarang, manfaat website sekolah terlalu besar untuk Anda abaikan. Itulah yang menjadikannya ‘wajib’ untuk Anda miliki. Namun, ada sesuatu yang harus Anda ingat ketika mengembangkan situs web untuk sekolah Anda. Salah satunya ketika memilih pengembang web yang tidak hanya ramah tetapi juga yang memiliki pengalaman hebat dalam membangun website yang berkelas.

Kami – Giatmedia ahli dalam memproduksi situs dengan tampilan profesional, navigasi mudah, kaya akan fitur (custom sesuai permintaan). Bahkan dengan anggaran terbatas, Anda dapat memiliki situs web yang mampu mewakili sekolah Anda dengan bangga. 

Kami siap melayani jasa pembuatan website sekolah negeri maupun swasta, SD, SMP, SMA, SMK. Bahkan website universitas, pondok pesantren, bimbel, lembaga kursus dan pelatihan, serta website di bidang pendidikan lainnya.

Hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan website akademik yang Anda inginkan secara gratis. Kami akan senantiasa mendengar dan memberikan solusi terbaik bagi Anda dengan sepenuh hati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *